Apakah memakai bra saat tidur menyebabkan kanker payudara?

 

kisistechnologies - Kanker payudara adalah sesuatu yang ditakuti wanita. Tentu saja, jika segera mendapatkan penanganan yang tepat, para penyintas tidak mungkin bisa beraktivitas. Namun, sekitar 70% kasus didiagnosis pada tingkat tinggi, mengutip informasi dari situs Kementerian Kesehatan. Munculnya kanker payudara dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun, ada yang mengatakan bahwa memakai bra saat tidur bisa menyebabkan kanker payudara. Apakah itu benar? Ini debat! 

 

1. Benarkah memakai bra saat tidur menyebabkan kanker payudara?

 

Mengenakan bra saat tidur diduga menyebabkan kanker payudara. Rumor mengatakan bahwa memakai bra saat tidur dapat mencegah pertumbuhan getah bening, sehingga menyebabkan kanker payudara.

 

Padahal, anggapan memakai bra saat tidur menyebabkan kanker adalah salah, menurut situs Kementerian Komunikasi dan Informatika. Padahal, memakai bra saat tidur tidak ada hubungannya dengan kanker payudara.

 

Penyebab kanker payudara dapat dipengaruhi dari faktor genetik hingga gaya hidup yang tidak sehat. Menurut Cancer Council, memakai bra saat tidur merupakan pilihan individu terlepas dari risiko kanker payudara.

 

2. Tidak ada efek negatif saat Anda tidur dengan bra 

 

Healthline mengatakan tidak ada penelitian yang menunjukkan efek negatif memakai bra saat tidur. Tidak ada data yang menunjukkan bahwa mengenakan bra saat tidur menyebabkan kanker payudara, sirkulasi yang buruk, atau pertumbuhan payudara yang terhambat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, para peneliti bertanya kepada peserta pascamenopause tentang gaya hidup mereka dalam memakai bra.

 

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 wanita dengan kanker payudara dan hampir 500 wanita tanpa kanker payudara, para peneliti tidak menemukan bukti adanya hubungan antara jumlah jam yang dihabiskan untuk memakai bra atau memakai bra berkawat dan risiko kanker payudara. Faktanya, penelitian yang ada belum meyakinkan para ahli bahwa mengenakan bra atau bra di bawah ikat pinggang meningkatkan risiko kanker payudara.

 

Beberapa wanita mungkin merasa lebih nyaman mengenakan bra di malam hari. Yang harus diperhatikan saat mengenakan bra saat tidur adalah memilih bra yang tidak nyaman agar tidak mengganggu tidur dan mengiritasi kulit.

 

3. Kanker payudara 

 

Kanker payudara adalah jenis kanker yang berkembang di jaringan payudara. Menurut American Cancer Society, kanker payudara bisa muncul di salah satu atau kedua payudara. Umumnya, kanker payudara menyerang wanita, namun beberapa pria juga mengidap penyakit yang sama.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker payudara biasanya muncul sebagai benjolan yang tidak nyeri. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika menemukan adanya benjolan di payudara, meski tidak terasa sakit.

 

4. Risiko kanker payudara 

 

Memiliki satu atau lebih faktor risiko ini tidak berarti Anda akan terkena kanker payudara suatu hari nanti. Faktanya, banyak orang yang berisiko tetapi tidak terkena penyakit tersebut, begitu pula sebaliknya. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker payudara menurut Cancer Research UK, yaitu: 

 

Menjadi kelebihan berat badan atau obesitas.

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Olahraga sangat minim.

Menjadi tua. Memiliki riwayat keluarga kanker payudara.

Memiliki riwayat kanker. infertilitas.

5. Kemungkinan menyembuhkan kanker payudara 

 

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. WHO mengatakan bahwa kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada tahun 2020. Terdapat 2,26 juta kasus kanker payudara baru pada tahun 2020.

 

Meskipun merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum, kanker payudara memiliki peluang besar untuk disembuhkan jika terdeteksi dini dan diberikan pengobatan yang tepat. Pengobatan kanker payudara sangat efektif, terutama bila terdeteksi dini.

 

Memakai bra saat tidur tidak menyebabkan kanker payudara, bukan? Faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara antara lain obesitas, penuaan, riwayat kanker, dll. Mengenakan bra saat tidur adalah pilihan individu terlepas dari risiko kanker payudara.